Keunggulan Mesin Genset Inverter

Keunggulan Mesin Genset Inverter

Eragenset – Genset merupakan peralatan listrik berfungsi dengan baik untuk menggantikan peran listrik utama dari PLN. Genset digunakan sebagai energy listrik cadangan karena mampu menghasilkan tenaga listrik yang kemudian bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan peralatan elektronik maupun peralatan lainnya yang membutuhkan energy listrik.

Sekarang ini, pemakaian genset sangatlah banyak, mulai dari konsumsi rumah tangga, hingga workshop, perkantoran, perbengkelan, pertambangan, pabrik, dll.

Genset dikategorikan ke dalam beberaja jenis yakni:

  1. Menurut bentuk rumah genset yaitu genset silent dan genset open
  2. Menurut pemakaian bahan bakarnya yakni genset solar, gas dan bensin
  3. Menurut alat pengatur dari output tegangan ada genset konvensional dan genset inverter

Dari semua jenis genset yang disebutkan di atas, mayoritas penduduk Indonesia lebih memilh untuk menggunakan genset tipe pertama dan kedua. Padahal keunggulan dari genset inverter dan konvensional tidak kalah tangguhnya.

Pada umumnya, baik genset konvensional aupun genset inverter memiliki prinsip kerja yang sama namun yang paling menonjol adalah besaran outpu daya yang bisa dihasilkan. Genset inverter umumnya untuk output daya diatur dengan suatu alat yang biasa disebut PWM sedangkan untuk genset konvensional, output daya diatur berdasarkan pada regulator yang biasa disebut dengan AVR.

Secara garis besar, perbedaannya terletak pada peralatan pengontrol voltage outupnya sedangkan untuk motor penggerak tetap sama.

Tujuan utama alat pengontrol voltage tidak lain untuk membantu menstabilkan output voltage jadi akan didapatkan daya listrik yang jauh lebih stabil dan dengan kata lain hasil distorsi dianggap nol.alat ini berfungsi untuk membantu menghilangkan distorsi harmonisasi yang kemudian biasa disebut dengan inverter PMW.

Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh genset tipe inverter:

  1. Voltage yang stabil memungkinkan genset untuk menghasilkan besaran listrik yang juga stabil
  2. Mengingat output tegangannya stabil maka suara yang ditimbulkan oleh genset inverter ini jauh lebih halus daripada genset konvensional
  3. Komsumsi dari pemakaian bahan bakar yang diperlukan jauh lebih efisien dan ekonomis, maka dari itu akan membantu mengurangi emisi bahan bakar.
  4. Memiliki berat yang lebih ringan bila dibandingkan dengan genset konvensional