Beberapa Masalah Kesehatan yang Memicu Sakit Gigi

Banyak yang mengatakan kalau sakit pada gigi lebih menyakitkan dibandingkan sakit hati, bukan? Memang kenyataannya seperti itu. Ketika orang merasakan sakit gigi, tentu yang menjadi tidak nyaman tidak hanya giginya saja, melainkan juga kondisi mood, nafsu makan, dan kualitas tidur menjadi tidak baik.

Berbagai kegiatan yang awalnya dapat dilakukan dengan baik, setelah mengalami gigi yang sakit, tentu menjadi tidak berjalan dengan mulus, apalagi saat sedang di tengah-tengah menyelesaikan pekerjaan kantor atau pun kampus. Jika Anda biarkan saja, apalagi Anda tetap mengkonsumsi makanan mau pun minuman yang memicunya bertambah sakit, tentu nanti akan bisa semakin parah.

Masalah Kesehatan yang Dapat Menyebabkan Sakit Gigi

Meskipun makanan dan minuman yang manis menjadi penyebab gigi sakit, masih ada lagi alasan lainnya kalu sakit pada gigi tersebut juga bisa disebabkan karena masalah kesehatan yang mungkin sedang di alami oleh orang tersebut. Berikut beberapa masalah kesehatan yang dapat memicunya.

1. Gigi retak

Ketika kita sedang ingin mengunyah, terkadang gigi akan terasa sakit. Hal tersebut bisa saja terjadi karena terdapat keretakan pada gigi Anda. Keretakan gigi cukup sulit dilihat dengan mata telanjang, sehingga perlu dilakukan cek oleh dokter ahli gigi.

Meskipun sulit dideteksi secara langsung, gejala gigi retak dapat langsung terasa saat Anda sedang mengunyah makanan. Penyebab gigi retak yaitu sering mengunyah es batu, kikir gigi, atau membuka sesuatu dengan gigi.

2. Gigi sensitif

Masalah kesehatan lainnya yang dapat memicu sakit gigi yaitu gigi sensitif. Kondisi tersebut biasanya akan muncul ketika Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas maupun dingin. Gigi akan terasa tidak nyaman, sehingga terasa nyeri saat mengkonsumsinya.

Gigi sensitif bisa saja terjadi kapan pun saat kondisi giginya sedang terbuka. Gigi terbuka juga disebabkan karena memang terjadi kerusakan pada giginya, mulai kendor, atau gusi yang mulai surut.

Anda yang mulai mengalami gigi sakit karena sensitif, ada baiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut atau mengganti pasta giginya yang khusus untuk gigi sensitif. Selain itu, jangan lupa gunakan sikat gigi yang lembut agar tidak melukai bagian gusinya.

3. Penyakit Autoimun

Selain masalah kesehatan di atas, penyakit autoimun juga dapat memicu terjadinya sakit gigi tanpa disadari. Meskipun jarang terjadi, tapi beberapa penyakit autoimun bisa memicu gigi menjadi sakit dalam keadaan tertentu. Yang paling umum terjadi adalah gusi serta barisan gigi yang lainnya menjadi bergeser sehingga gigi akan terasa sangat sakit.

Tidak secara pasti penyakit autoimun apa saja yang bisa menyebabkan gigi menjadi sakit. Hanya saja Anda perlu mewaspadai ketika Anda merasakan sakit gigi yang tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari mendapatkan perawatannya.

Gigi yang sakit sebenarnya juga tidak hanya dari masalah kesehatan di atas saja, tapi juga mungkin karena terdapat sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi Anda. Maka

dari itulah, mulai sekarang rajin-rajinlah sikat gigi agar kondisi kesehatan gigi Anda tetap baik dan sehat.