Dira Sugandi Sangat Suka Travelling

Dira Sugandi lahir di Bandung pada 29 Juli 1979, ia merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Sejak umur 4 tahun Dira sudah bercita-cita ingin menjadi penyanyi. Saya besar di lingkungan keluarga pecinta musik, nenek dari sisi ibu saya adalah bintang RRI. Ibu saya sebelum menikah sering bernyanyi dan bermusik bersama grup Almarhum Harry Roesli. Ayah saya juga tergabung di GPL (Grup Pecinta Lagu) UNPAD. Sehingga bernyanyi merupakan hobi yang saya tekuni secara otodidak sampai saya lulus SMA. ujarnya.

Setelah lulus SMA, Dira memiliki keinginan untuk belajar teknik bernyanyi yang benar, akhirnya ia mendaftarkan diri ke Elfa’s Musik Studio Bandung dan mendapatkan pelatihan selama satu setengah tahun. Semenjak itu ia memulai karir sebagai penyanyi band kafe. Sempat kuliah di Teknik Sipil UNPAR selama 3 tahun, akhirnya tahun 2001 Dira memutuskan untuk fokus di dunia musik dan melanjutkan studi di Universitas Pelita Harapan jurusan vocal performance.

Di tahun yang sama ia kenal dengan Bluey, pendiri grup INCOGNITO yang kemudian menjadi produser album perdananya yang berjudul ‘Something About The Girl’ yang dirilis secara internasional. Dira Sugandi sempat menjadi penyanyi additional saat INCOGNITO melakukan turnya di Indonesia pada 2002. Ketika itu, Dira mengikuti tur ke Bandung, Surabaya, Makassar dan Medan.

Ia juga pernah tampil bersama INCOGNITO di Bali, Singapura, Kuala Lumpur, Tokyo dan London. Bagi Dira, rasanya sangat menyenangkan bisa bernyanyi bersama musisi seperti Masya dan Incognito. Hal itu seperti membangkitkan energi lebih pada dirinya untuk bisa bernyanyi lebih baik guna mengimbangi mereka.

Selama perjalanan karirnya sebagai penyanyi sejak 1997 sampai sekarang, Dira banyak mendapatkan kesempatan dan pengalaman dalam berkolaborasi dengan musisi-musisi hebat, baik lokal maupun internasional. Dira sudah berkolaborasi dengan musisi lokal seperti Erwin Gutawa, Addie MS, Tohpati, Dwiki Dharmawan, Dewa Budjana, Indra Lesmana, Indro Hardjodikoro, Andi Rianto, Aminoto Kosin, Oele Patiselano, Joey Alexander maupun dan musisi internasional peraih Grammy seperti Yellowjackets, Jason Mraz, George Duke, Diane Warren, Andrea Bocelli dan David Foster.

Dira sugandi juga cukup sering diundang untuk bernyanyi dalam acaraacara kenegaraan di istana. Menjadi sebuah kehormatan bagi Dira untuk bisa bernyanyi di Istana mewakili Indonesia. Ia merasa bangga sebagai orang Indonesia dan ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia juga memiliki banyak talenta yang luar biasa yang layak untuk bersaing di panggung musik dunia. Dira Sugandi sangat menyukai lagulagu Nasional, ia sering kali menyanyikan lagu Nasional di acara kenegaraan. Dira menyukai lagu-lagu nasional karya Ismail Marzuki dan Guruh Soekarno Putra, kedua tokoh tersebut merupakan penulis lagu favorit Dira Sugandi.

Perempuan asal Bandung ini ternyata juga sangat peduli dengan masyarakat di Indonesia, terutama dengan masyarakat penyandang disabilitas. Bagi Dira, rasa nyaman menjadi diri sendiri akan tercipta setelah kita menerima apapun kondisi diri kita. Orang yang mempunyai keterbatasan dalam hal fisik, ekonomi, status sosial, tingkat pendidikan harus bisa menghargai dirinya sendiri.

Dengan menghargai diri sendiri maka menurut Dira akan tumbuh rasa percaya diri sehingga dapat mudah berbaur di masyarakat dan akan lebih dihargai. Sebagai seorang penyanyi, Dira juga suka travelling. Dengan pekerjaannya sebagai penyanyi, Dira mempunyai banyak kesempatan untuk travelling. Dirinya merasa bersyukur memiliki pekerjaan yang banyak memberikan kesempatan untuk keliling dunia.

Saat traveling, Dira memilih Halmahera Barat, Maluku sebagai destinasi favorit untuk liburannya karena disana masih banyak wisata alam indonesia yang tersembunyi. Di Jailolo, Halmahera Barat Maluku Dira dan suami melakukan scuba diving untuk pertama kalinya didampingi dengan dive master. Di Jailolo mereka juga melihat keindahan hutan bakau dan menyaksikan pesta adat menyambut panen. Dirinya ingin kembali ke Jailolo untuk ikut ‘spice trip’ karena Maluku terkenal dengan rempahrempahnya dan tentu saja untuk diving lagi. Mendengar tema Pesona E-Magazine kali ini yaitu Signature of Indonesia Dira mencoba mendefinisikannya.

Menurut dia definisi dari tema Signature of Indonesia dalam konteks pariwisata adalah ciri khas/identitas Indonesia yang dikenal dunia dengan kekayaan dan keberagaman akan destinasi wisata, alam, budaya. Bagi Dira, semua kekayaan yang beragam itu menjadikan Indonesia negara yang kaya akan destinasi pariwisatanya yang sudah tentu tidak akan ditemukan di belahan lain manapun di dunia.

Selama karirnya sebagai seorang penyanyi, Dira sudah banyak mewakili Indonesia di luar negeri. Negara-negara yang telah ia kunjungi yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Australia, Cina, Jepang, Belanda, Jerman, Polandia, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat. Di setiap akhir pertunjukan banyak penonton yang mendatangi saya dan bertanya tentang Indonesia. Mereka selalu bilang ‘Tell us more about Indonesia!’ Lalu saya akan cerita tentang keindahan Indonesia yang bikin mereka tambah penasaran lagi, ujarnya.