Langkah Mudah Cara Membuat Pakan Ikan Alami

Bagaimana sih langkah mudah cara membuat pakan ikan alami? Selain cara pembudidayaan ikan yang baik dan benar, pakan merupakan faktor pendukung yang paling penting untuk menghasilkan kualitas panen yang maksimal.

Oleh sebab itu para peternak tak boleh menganggap sepele jikalau menginginkan benefit yang melimpah. Seiring dengan perkembangan inovasi, sudah banyak sekali jenis pakan ikan yang mudah dijumpai dipasaran.

Namun tahukah Anda bahwa pakan ikan bisa diracik sendiri menggunakan komponen alami untuk menghemat anggaran pembelian pakan. Nah melalui tips membuat pakan ikan alami dibawah ini barangkali bisa menjadi acuan dalam meminimalisir pembengkakan biaya pembelian pakan.

Lantas bagaimanakah langkah membuat pakan ikan alami? Inilah ulasannya untuk Anda.

Langkah Membuat Pakan Ikan Alami

Yuk simak penjelasan tentang langkah membuat pakan ikan alami di bawah ini?

  1. Cara membuat pakan ikan alami yang pertama adalah menyiapkan wadah serta komponen bahan yang digunakan. Seperti tepung jagung, tepung terigu, tepung benawa, tepung ikan, bungkil dari kacang kedelai, vitamin serta air.
  2. Setelah itu campurkan tepung terigu dan tepung jagung dalam satu wadah, lalu aduk hingga tercampur merata.
  3. Ketika kedua campuran tepung sudah tercampur dengan maksimal, jangan lupa untuk menambahkan tepung benewa dalam adonan tersebut. Aduk kembali hingga ketiga komponen menjadi rata.
  4. Lalu tambahkan beberapa komponen lainya seperti tepung ikan dan bungkil dari kacang kedelai serta tambahkan sedikit air supaya adonan benar-benar tercampur dengan sempurna.
  5. Pastikan sekali lagi bahwasannya seluruh komponen bahan yang digunakan sudah tercampur dengan merata dalam satu wadah sesuai dengan komposisinya masing-masing.
  6. Setelah adonan menjadi satu kesatuan dengan tekstur yang agak padat, langkah selanjutnya adalah memasukkannya kemesin penggiling daging.
  7. Selanjutnya setelah adonan selesai digiling, potonglah menjadi ukuran yang standar sekitar 1 hingga 2 cm saja.
  8. Langkah terakhir Anda hanya perlu mengeringkannya, bisa menggunakan bantuan sinar matahari atau menggunakan mesin pengering khusus.

Nah, cara membuat pakan ikan alami tersebut diatas mudah sekali bukan untuk diterapkan di rumah?

Demikianlah secercah informasi lengkap terkait pakan ikan alami yang dapat kami jabarkan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel tentang tips membuat pakan ikan alami ini mampu menjadi solusi serta menambah wawasan baru bagi seluruh pembaca yang budiman.