Lokasi dan Harga Tiket Taman Sari Yogyakarta

Beberapa tempat bersejarah satu wilayah seringkali digunakan jadi obyek wisata edukasi menyenangkan. Bangunan bersejarah itu memberi banyak info bercerita zaman dahulu kala. Hingga jadi evaluasi efisien, khususnya buat warga memandang penting makna satu riwayat. Yogyakarta adalah satu diantara wilayah menaruh banyak narasi riwayat, terlihat dari bangunan-bangunan bersejarah seperti museum, istana, alun-alun dan sebagainya. taman Sari Yogyakarta, adalah satu diantara bangunan punya kerajaan Yogyakarta yang sekarang berubah manfaat jadi tujuan wisata dan masih dipakai jadi tempat ritual oleh keluarga raja. Ingin berwisata ke Taman Sari? Ayo gunakan Jasa dari Paket Tour Jogja dari https://tripjogja.coi.id.

Mempunyai bentuk bangunan arsitektur ala Portugis-Jawa, adalah daya tarik penting dari istana taman Sari. Walau saat ini situasi bangunan tidak utuh seperti dahulu kala, namun saja menarik perhatian buat pengunjung lokal ataupun pengunjung luar negeri. Sekarang sudah jadi landmark buat wilayah spesial Yogyakarta. Ide style arsitektur bangunan berlainan dengan bangunan penting, dari bagian artistik maupun manfaatnya. Karena tempat wisata Yogyakarta ini lebih cenderung tematik lebih memprioritaskan sisi pemandian yang mempunyai julukan “Istana Air Jogja”.

Malah dari ketidaksamaan itu membuat pengunjung yang telah lebih dulu berkunjung ke istana keraton Jogja, belum juga komplet jika belum berkunjung ke taman sari. Karena panorama disuguhi taman sari berlainan dengan keraton. Tidak cuma musim berlibur saja, kenyataannya pada weekday jumlahnya pengunjung tetap ada, ditambah lagi saat weekend maupun berlibur nasional ditanggung deh, tempat wisata akan dipenuhi dengan pelancong. Bukan suatu aneh jika begitu disukai oleh pelancong, karena bangunan itu adalah landmark buat kota gudeg. Akan tetapi saat dahulu kala, tidak sebatas jadi tempat rekreasi saja, tetapi jadi benteng pertahanan.

Keunikan Dan Pesona Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari
Taman Sari

Meskipun sekarang tidak seindah serta semegah dahulu kala saat masih berperan, pesona dipunyai tempat wisata riwayat Jogja ini masih dapat di nikmati sampai saat ini. Khususnya spot-spot artistik serta bangunan menonjolkan kekhasan. Pesona itu telah mulai terpancar pas di muka pintu gerbang melalui ornamen-ornamen pada dinding gapura berupa ukiran-ukiran futuristik.

Sesudah itu melalui dua pintu mengarah dalam, akan terlihat 2 buah kolam, dimana air kolam kelihatan terlihat kebiru-biruan akan menyongsong kehadiran sahabat. Karena tempat rekreasi edukasi Jogja ini bukan tempat pemandian, pasti kolam berair jernih itu dilarang dipakai untuk berenang, terkecuali cuma dilihat saja.

Dua kolam dekat pintu gerbang itu adalah satu dari tiga kolam di taman sari Yogyakarta. Nama ke-3 kolam itu adalah Umbul Panguras kolam untuk raja, Umbul Kawitan untuk putri-putri raja serta Umbul Pamucar untuk beberapa selir-selir raja. Di ruang kolam itu sudah dihiasi oleh beberapa ornament serupa air mancur dengan bentuk seperti kepala naga serta di sekitarnya dihiasi oleh pot-pot bunga supaya lebih meningkatkan daya tarik.

Di seputar dua kolam, ada gapura panggung yang dahulu bisa masuk hanya raja serta sekeluarga. Di atas gapura itu umumnya raja nikmati keindahan keelokan taman Sari yang dahulu masih diperlengkapi danau bikinan dan keindahan bentangan taman berhias semua type bunga cantik. Disana juga sang raja kadang-kadang nikmati beberapa tarian tradisionil disertai oleh kemerduan musik gamelan. Di ruang dahulu jadikan tempat pribadi raja, dapat disaksikan satu periuk yang digunakan oleh istri raja bercermin serta ada almari menaruh baju raja. Gapura panggung itu diperlengkapi tangga terbuat dari kayu jati dengan situasi sampai saat ini masih kuat serta memberi kesan-kesan artistik.

Bangunan taman sari seterusnya adalah gapura Agung. Dahulu seringkali dipakai jadi tempat pemberhentian kereta kencana kerajaan yang akan dinaiki oleh raja serta sekeluarga. Gapura itu jadi tempat masuk keluarga raja didominasi ornament berupa sayap burung serta bunga-bunga. Tidak jauh dari tempat gapura Agung, ada pesanggrahan dahulu dipakai oleh raja jadi tempat bermeditasi serta membuat taktik dalam peperangan. Berperan sebagai tempat gudang penyimpanan senjata perang, pakaian perang serta membersihkan keris sakti. Pas di muka Pesanggrahan ada latar yang dipakai oleh beberapa prajurit kerajaan berlatih tanding dalam menyiapkan peperangan.

Tempat unik yang lain di kampung wisata taman Sari kota Yogyakarta adalah Sumur Gumuling yang mempunyai manfaat jadi masjid bawah tanah. Dimana masjid itu berupa dua tingkat melingkar sampai 360 derajat, sisi tengah berlubang serta design membuahkan tata artistik. Saat imam pimpin sholat, suara imam akan terdengar ke semua pelosok ruang. Pas di bagian tengah masjid ada sisi berupa persegi di sekitarnya tersambung 5 anak tangga, mungkin saat itu dipakai jadi tempat mengumandangkan adzan sholat. Karena bangunan masjid ada di bawah tanah, hingga kelihatan unik serta futuristik, sampai saat ini seringkali dipakai jadi tempat photo prewedding. Hanya ingin hadir kesini, sahabat butuh berjalan telusuri anak tangga serta melalui lorong-lorong panjang.

Bangunan menarik yang lain adalah gedung Kenongo. Gedung itu tertinggi di antara bangunan-bangunan di pemandian taman Sari Yogyakarta. Dahulu kala bangunan Kenongo berperan jadi tempat makan-makan bersama dengan keluarga besar raja. Di tempat itu sahabat bisa nikmati keindahan sunset serta semua lokasi sari garden yogyakarta, termasuk juga dinding tebal tinggi berwarna putih, ketinggian dinding itu sekitar dua sampai empat mtr. yang melingkari semua bangunan.

Pihak pengelola juga sudah menyiapkan beberapa sarana di taman Sari untuk memberi dukungan pekerjaan berlibur pengunjung seperti tempat parkir luas, warung-warung penjual makan-minuman, pemandu wisata(optional), kamar mandi umum serta penginapan. Beberapa penginapan dapat jadikan rujukan saat sahabat ingin menginap di seputar tempat wisata seperti hotel Neo Plus Awana, Omah Konco, The Cube Hotel, Gaya In Hotel, Tasneem Convention Hotel, Mango Tree Dipudjo Homestay, nDalem Ngabean Bungalow serta Villa Pondok Terra.

Baca juga : Penyedia Paket Tour Jogja Terbaik Indonesia

Lokasi Taman Sari Jogja

pemandian putri di jogja beralamat di Jalan Tamanan, Patehan Keraton, Kota Yogyakarta, Propinsi Wilayah Spesial Yogyakarta serta kode pos 55133. Jarak tempat wisata dari tempat kebun binatang Senang Loka Yogyakarta seputar 5 km. atau memakan waktu tempuh cuma 19 menit saja. Tersebut peta navigasi mungkin bisa menolong sahabat dalam temukan tempat wisata.

Rute ke arah taman Sari, jika tempat ada di pusat kota Jogja, karena itu silakan mengarah selatan ke arah keraton Jogja atau alun-alun utara Jogja. Seputar 1 km. dari tempat alun-alun selatan yogyakarta. Jika telah bertemu tempat alun-alun utara, tinggal ke arah ke samping barat alun-alun sampai jumpa perempatan pertama. Sesudah itu sahabat berbelok kiri lalu tinggal ikuti jalan serta panduan arah.

Harga Tiket Masuk Pemandian Putri Raja Jogja

Jika sahabat tertarik bertandang kesini, silakan tahu informasi cost masuk tempat wisata yaitu senin sampai minggu Rp. 5.000 per orang(pengunjung lokal), Rp. 7.000 per orang(pengunjung asing), jika memerlukan layanan tur guide senin sampai minggu Rp. 25.000 per orang. Tahu jam membuka taman Sari Jogja yaitu dari jam 09.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Demikian artikel mengenai Photo, Tempat, Rute Serta Harga Ticket Masuk Taman Sari Yogyakarta, mudah-mudahan memberi rujukan tujuan wisata Jogja bersejarah. Bila artikel ini memberi info maupun sebatas memberi hiburan, silakan baca artikel lain sekitar tempat wisata, wisata kuliner serta daftar hotel di beberapa wilayah, terima kasih.