Manfaat Sayur Toge Sebagai Sumber Mineral untuk Kesehatan

Secara ekonomis Toge merupakan jenis sayuran yang sangat murah dan mudah didapat. Sayuran yang juga disebut kecambah ini berasal dari kacang hijau atau jenis kacang-kacangan lainnya. Sayur Toge masuk jenis Leguminosae atau keluarga tamanan dikotil (berbiji keping dua) kaya gizi yang digunakan sebagai makanan cadangan untuk embrio sewaktu proses berkecambah (garminasi).

Pada sayuran Toge terdapat begitu banyak senyawa fitokimiawi, seperti canavanine yaitu semacam asam amino penyusun arginin. Jika dibandingkan dengan waktu masih berbentuk biji, sayur Toge lebih banyak mengandung gizi. Sebagai contoh kandungan protein sayur Toge 19% lebih tinggi dibanding ketika masih berbentuk biji. Hal ini cukup beralasan sebab selama proses garminasi terbentuk asam-amino yang merupakan bahan penyusun protein. Disamping kaya protein sayur Toge juga mengandung nutrisi sempurna seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, saponin, asam folat, seng, zat besi, kalsium, estrogen, fosfor, dan potassium.

Menurut penelitian, berikut sejumlah manfaat sayur Toge yang berkaitan erat dengan kesehatan.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Proses garminasi berhasil mengurai tak kurang dari 90% rantai polisakarida menjadi bentuk karbohidrat sederhana. Dengan sendirinya senyawa tersebut lebih mudah diserap tubuh tanpa menghasilkan gas. Toge juga kaya kandungan air dan serat yang ampuh membersihkan usus dari kotoran. Hal-hal tersebut menjadi dasar kekuatan sayur Toge dalam mencegah penyakit kanker.

  • Mencegah Serangan Jantung

Bagi penderita kelainan jantung atau mereka yang beresiko tinggi terhadap serangan jantung sebaiknya mengonsumsi sayur Toge secara teratur. Hal ini karena Toge banyak mengandung saponin yang mampu menurunkan kadara lemak darah, menetralisir lemak jahat (LDL) dan mengoptimalkan kinerja lemak baik (HDL).

  • Mencegah Osteoporosis

Senyawa estrogen alami pada sayur Toge setara dengan fungsi estrogen sintetis . Bedanya estrogen alami tidak menimbulkan dampak buruk atau efek samping. Perpaduan estrogen alami dan kalsium yang terdapat pada Toge diklaim mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

  • Meningkatkan Sistem Immune Tubuh

Kandungan saponin sayur Toge juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengoptimalkan kinerja sel T-limfosit dan interferon sebagai natural killer cell (sel pembunuh alami). Zat antioksidan-nya mampu memproteksi tubuh dari radikal bebas yang umumnya merusak sel DNA.

  • Melancarkan Pencernaan

Sayur Toge bersifat basa (alkali) yang bermanfaat menjaga tingkat keasaman lambung sekaligus melancarkan pencernaan. Disamping itu Toge juga berguna untuk meremajakan kulit dan mencegah munculnya jerawat dan flek-flek hitam.

Meskipun banyak manfaat sayur Toge untuk kesehatan, namun sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah, artinya harus dimasak dulu sebelum dikonsumsi. Hal ini disinyalir sayur Toge rentan terkontaminasi bakteri, termasuk bakteri E. Coli yang justru menjadikan Toge sangat berbahaya untuk kesehatan.