Oleh-Oleh Khas Timor Yang Harus di Bawa Pulang

Usai keliling Pulau Timor, Anda mungkin ingin membawa sedikit oleh-oleh khas timor buat kerabat dan kawan sebelum terbang ke kota Anda. Beberapa oleh-oleh asli dari Timor antara lain:

Aneka tenun, tenun ikat, dan produk jadinya
Ada banyak jenis dan motif tenun di Timor, beda daerah beda motifnya dan beda makna yang dikandungnya. Bentuknya pun beragam, ada yang benrentuk selendang, syal, atau kain lembaran dan sarung. Harganya juga beragam, dari yang beberapa puluh ribu, beberapa ratus ribu hingga jutaan, tergantung teknik pengerjaan. Kain tenun yang dikerjakan manual, menggunakan pewarna alam tentunya lebih mahal ketimbang yang menggunakan mesin dan pewarna kimia. Karena itu belilah yang sesuai kantong dan keinginan Anda. Selain kain tenun lembaran, ada produk jadi berupa rok, rompi, hem, celana, topi, peci, dan lainnya. Juga ada yang berbentuk dompet, tas, ransel, bahkan sepatu. Tinggal pilih sesuai selera.

Kerajinan dari kayu cendana
Bumi Timor dikenal akan hutan cendananya yang luas. Banyak produk yang dibuat dari kayu cendana, di antaranya kipas, rosario, tasbih, gelang, jepit rambut, sisir, juga dupa dan minyak cendana. Harganya bervariasi. Minyak cendana dapat berharga jutaan seliter, sedang rosario dan tasbih sekitar Rp.100.000.

Sasando dan replika sasando
Sasando adalah alat musik tradisional di kepulauan Timor. Anda dapat membeli alat musik ini, juga replikanya di toko suvenir. Harganya bervariasi, replika yang paling kecil sekitar Rp.75.000.

Topi khas Timor
Topi khas Timor alias tilangga terbuat dari anyaman daun lontar. Bentuknya ada yang tinggi ada yang lebar. Biasanya tilangga dipakai untuk menahan teriknya matahari bumi Timor. Harga sebuah tilangga sekitar Rp.75.000.

Cenderamata maupun makanan khas di atas dapat Anda beli di toko-toko suvenir atau pasar di kota Kupang. Beberapa toko yang dapat dijadikan referensi adalah :

Pasar Kasih Naikoten
Berada di Jaan Soeharto, pasar ini paling lengkap menyediakan aneka oleh-oleh khas Timor. Kios-kios kecil sepanjang jalan banyak yang menjual aneka tenun dari berbagai daerah. Ada pula yang menjual produk jadi seperti tas, dompet, jaket, rok, rompi, dan lainnya. Sedang di dalam pasar Anda dapat menjumpai produk lokal seperti gula lempeng asal sabu, gula air, moke, dan madu.

Pusat oleh-oleh NTT
Ibu Soekiran Berada di Jalan Mohammad Hatta no.16, Bonipol, Kota Lama, toko ini menyediakan beragam makanan khas Timor, Rote, Sumba, Alor, dan Flores seperti abon sapi, dendeng sapi, sei sapi, kerupuk paru, emping jagung, madu, sambal lu’at, kacang sembunyi dan lainnya. Harganya mulai Rp.10000 hingga ratusan ribu. Toko buka sejak 08.00 hingga 20.00 setiap Sening hingga Sabtu. Sedang di hari Minggu buka hingga jam 14.00.

Pusat Tenun Yos Gallery
Jika ingin berbelanja tenun secara khusus, datanglah ke toko di Jalan Timor Raya km.15, Tarus, Kupang Tengah ini. Toko ini memiliki puluhan ribu lembar tenun ikat khas berbagai daerah di NTT, termasuk tenun ikat yang langka dan harganya mencapai ratusan juta. Toko ini juga menjual keramik kuno koleksi raja-raja di Timor, Rote, Sabu, Flores, Sumba, dan Alor.

Kios Kaos Kupang
Pecinta kaos unik dapat berkunjung ke kios Jalan Cak Doko 88 C, Oebobo ini. Tempatnya dekat RS Bhayangkara. Toko buka mulai 09.00 hingga 20.00, dari Senin sampai Sabtu. Aneka kaos etnik yang unik dengan bahan berkualitas dijual di sini, harganya bervariasi mulai Rp.80000 per kaos.

Saat saya berkunjung ke salah satu kios cendiramata, saya menilai bahwa kios tersebut cukup bagus fasilitas yang dimilikinya. Selain terdapat lampu penarangan dan pendingin ruangan (AC), terdapat juga sebuah mesin genset berkapasitas 4000 watt yang digunakan pemilik sebagai sumber energi listrik cadangan. Apabila terjadi listrik mati secara tiba-tiba, kios yang dia miliki tetap terasa nyaman di kunjungi.

Karena saya penasaran dengan gensetnya, saya putuskan untuk mencari informasi mengenai harganya. Harga terbaru genset bensin di Palembang, kupang dan kota lainya ternyata tidak selisih jauh. Di kupang harganya berkisa 15 jutaan dan di Palembang kurang lebih 13 jutaan.