Rumah Sekaligus Showroom

Saya akan membangun rumah di lahan berukuran 15m x 22,5m. Rumah itu akan saya gunakan sebagai tempat usaha sekaligus tempat tinggal. Adapun ruang yang saya perlukan adalah sebagai berikut.

1. Lantai dasar: Showroom, kamar mandi, ruang tamu.

2. Lantai atas 1: Kamar tidur 4, ruang keluarga, ruang baca

3. Lantai atas 2: Kamar pembantu,kamar mandi,ruang cuci/jemur.

Di bagian fasad rumah saya akan memasang shop sign ukuran lebar 10m dan tinggi 5m. Saya mohon bantuan dari Pak Wijoyo untuk membuatkan desain yang pas untuk rumah tinggal saya ini.

Lahan rumah Anda cukup luas, sehingga jika dibuat seperti keinginan Anda, akan banyak ruang yang kosong. Sulitnya, saya juga tidak bisa mengarang untuk menyarankan atau menambahkan ruang-ruang lainnya karena belum tentu sesuai untuk Anda. Oleh sebab itu, saya menyiapkan ruang terbuka di lantai 2.

Bila Anda butuh ruang tambahan, ruang ini dapat Anda manfaatkan, dengan memasang dinding ringan atau dinding kering (dry wall) seperti menggunakan papan gipsum atau GRC. Lantai dasar, sebagai ruang pamer atau showroom akan menjadi cukup luas, bahkan bisa menjadi ruang pamer mobil. Karena Anda akan tinggal di rumah ini, maka saya membuatkan sebuah garasi untuk 2 mobil, mengingat masih cukup luasnya ruang ada.

Parkir kendaraan di luar sudah cukup untuk 6 mobil. Garasi juga saya manfaatkan sebagai pintu masuk samping yang membuat Anda bisa langsung masuk ke rumah tanpa perlu melewati area ruang pamer. Dari arah sini, Anda juga bisa langsung ke lantai atas.

LANTAI 2

Di lantai 2, karena lebar lahan cukup luas, maka 4 ruang tidur yang Anda minta bisa saya letakkan semua di depan. Sebetulnya bisa juga ditambahkan balkon, namun karena Anda akan meletakkan sign board, maka tentunya balkon akan menjadi tidak berguna. Bagian belakang rumah ada ruang baca. Karena anda tinggal di lantai 2 ini, maka saya juga meletakkan dapur di lantai ini sehingga semua aktifitas dapat dilakukan di lantai ini.

LANTAI 3

Lantai 3 atau area servis saya buat secukupnya saja, dengan memanfaatkan atap dak beton yang ada. Untuk sign board, dengan ukuran sebesar itu, Anda sebaiknya menggunakan pelat aluminium perforated (berlubang) atau bisa juga menggunakan bahan lain yang dilubangi. Saat ini teknologi laser cutting dapat dimanfaatkan untuk membuat bidang panel menjadi elemen dekoratif. Dengan menggunakan panel perforated atau berlubang, fasad depan rumah anda tidak akan tertutup rapat sehingga cahaya matahari dan udara akan masih bisa masuk ke rumah anda nantinya.

Sebuah rumah dan showroom tentunya membutuhkan sebuah genset. Dengan adanya genset rumah dan showroom tidak akan takut listrik padam. semua aktifitas masih bisa dapat berjalan dengan baik. merk genset terbaik adalah genset Mitsubishi. Harga genset Mitsubishi 1400 Kva bisa didapatkan dengan harga diskon apabila membelinya dari suplier resmi genset Mitsubishi Surabaya.