Ternyata Membakar Adalah Tindakan Keliru yang Harus Distop Mulai Dari Sekarang

Salah satu cara paling instan untuk memusnahkan sampah adalah dengan cara membakarnya. Dengan membakar sampah, biasanya sampah akan mudah lenyap dan hilang karena dimakan oleh si jago merah.

Namun dalam kenyataannya, memang benar sampah itu akan lenyap. Tapi ketika sedang dalam masa pembakaran tersebut, akan menimbulkan polusi yang tentunya akan sangat mengganggu setiap orang di sekitar kita.

Makanya, perlu dipertimbangkan lagi apabila kita ingin melakukan pembakaran sampah yang dibuang pada tempat sampah organik dan anorganik .

Setidaknya berikut ini adalah beberapa alasan kenapa sebaiknya kamu tidak melakukan pembakaran sampah :

  1. Adanya polutan

Sejak sekolah kita sudah diajarkan mengenai bahaya – bahaya polutan yang ada di sekitar kita. Nah sama halnya dengan kita membakar sampah baik itu sampah organik atau anorganik apabila kita bakar pasti akan menghasilkan yang namanya gas C02 yang tentunya bisa menambah pengaruh terhadap efek rumah kaca atau global warming.

Dan sebagian polutannya yang tidak terkena oksigen pasti akan menjadi karbon monoksida yang sangat berbahaya bila kita hirup.

  • Kabut asap

Jelas jika kita membakar sampah, pasti akan ada kabut asap yang mengudara. Dan jika kabut asap ini besar, pasti akan sangat berbahay bagi penerbangan. Dan taukah kamu, akan banyak kerugian yang bisa ditimbulkan.

Misalnya acara – acara besar seperti Asian Games pasti akan batal jika terjadi isu lingkungan seperti kepulan apa. Tentu ini sangat merugikan bukan ?

  • Bisa membuat pertikaian antar tetangga

Kamu harus tau, bahwa tidak semua orang di lingkunganmu akan biasa saja atau tidak peduli dengan kamu yang membakar sampah di depan atau di belakang rumah. Karena asap sampah pasti tidak bisa kita kendalikan.

Kita tidak akan tau apabila ternyata asapnya terbawa angin dan malah memasuki rumah tetangga kita. Dan disini pasti percikan pertikaian dengan tetangga bisa muncul.

Selain kita akan menanggung malu, pasti nanti kita akan dibenci oleh orang yang ada di lingkungan kita sendiri. Maka dari itu, Sebaiknya kamu pikir matang – matang lagi jika kamu ingin membakar sampah.

Nah itu adalah beberapa hal yang mungkin harus kamu ketahui sebelum kamu melakukan pembakaran sampah. Tentu lebih baik sampah itu kamu berikan kepada petugas kebersihan jika kamu tidak mau repot – repot mengurusnya. Tidak perlu dibakar.