Terung, Buah Unik yang Memiliki Banyak Manfaat

Terung adalah buah yang bernama latin Solanum melongena, buah ini sering di sebut sebagai sayur karena peruntukannya yang sering dijadikan sayuran dan bahan masakan di Indonesia. Buah yang berasal dari India ini selain sering dijadikan bahan masakan juga memiliki banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan. anda juga bisa mencoba minyak kutus kutus asli bali untuk senantiasa menjaga kesehatan anda. Beberapa manfaat terung buat kesehatan tersebut seperti di bawah ini.

  1. Menghindari diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat di takuti di Indonesia, diabetes ini dapat timbul karena berbagai macam hal salah satunya pola konsumsi makanan yang buruk. Namun terung adalah salah satu buah yang dapat memperlambat penyerapan gula dan laku pencernaan. Sehingga serat pada terung dapat menjaga kadar gula lebih stabil.

  1. Memiliki kandungan antioksidan

Antioksidan adalah mekanisme tubuh untuk melakukan pertahanan terhadap hal buruk yang di hasilkan oleh radikal bebas. Terung memiliki kandungan ini sehingga dapat menjaga kesehatan organ dalam seperti hati. Terung memiliki antioksidan yang membantu hati untuk menjaga racun tertentu yang masuk melalui asupan makanan ke tubuh.

  1. Memiliki kandungan flavonoid yang baik bagi jantung

Terung memiliki berbagai macam kandungan baik bagi tubuh salah satunya adalah flavonoid atau sianin yang bisa larut dalam air flavonoid ini cukup baik untuk melindungi jantung karena memiliki zat anti sianin juga bisa menurunkan darah tinggi Anda.

  1. Memiliki senyawa asam klorogenat yang baik untuk kolesterol

Kolesterol menjadi momok yang menakutkan bagi kesehatan, terung memiliki asam klorogenat yang bisa mengendalikan kadar kolesterol sehingga terung bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Selain itu juga bisa berfungsi sebagai anti karsinogen antivirus.

  1. Mempercantik kuli

Terung memiliki kandungan antioksidan serta terdiri dari 90% air di dalamnya, Air ini akan menangkal radikal bebas yang sel-sel kulit sehingga kulit yang menyebabkan kulit menjadi tampak lebih gelap dan tidak kencang.

  1. Terung memiliki kandungan polifenol dan anti sianida untuk mencegah kanker

Jenis zat tersebut bisa memproduksi sebuah enzim khusus yang berfungsi untuk membunuh sel kanker. Selain itu asam klorogenat juga memiliki fungsi sebagai anti mutagen.

  1. Di dalam kulit terung terdapat nasunin yaitu zat nafsu ini berfungsi untuk kesehatan otak

Zat ini bisa melindungi otak dari serangan radikal bebas. Selain itu antosianin juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah ke otak sehingga peredaran darah menjadi lancar dan menghindari berbagai gangguan masalah otak.

Itulah berbagai hal baik yang bisa ditemukan dari terung mulai sekarang kita tidak perlu lagi ragu untuk mengkonsumsi terung, karena makanan sederhana yang mudah ditemukan ini memiliki banyak sekali manfaat.