Tips Penting dalam Budidaya Ikan Mas Koki

Dalam budidaya ikan hias tentunya lebih membutuhkan perlakuan khusus dibandingkan dalam budidaya ikan konsumsi seperti ikan patin dan sebagainya. Seperti halnya budidaya ikan cupang, dalam pemeliharaan mas koki Anda harus lebih memperhatikan perawatannya agar mendapatkan kualitas ikan hias yang tinggi. Berikut adalah hal – hal yang perlu dilakukan dalam budidaya ikan mas koki :

1.Menyiapkan Akuarium

Hal pertama dalam budidaya Ikan Mas Koki adalah menyiapkan akuarium, sebaiknya menggunakan aquarium dengan dimensi panjang 80 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. Ukuran ini dinilai paling ideal dalam budidaya ikan mas koki agar lebih mudah dalam pemeliharaannya.

2.Pemilihan Jenis Ikan

Sebaiknya Anda fokus pada satu jenis Ikan Mas Koki saja terlebih dahulu sebelum anda menambah lebih banyak jenis Ikan Mas Koki yang lain. Setelah Anda memilih jenis yang akan dibudidayakan, maka hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengawinkan ikan jantan dan betina.

3.Membedakan Ikan Jantan dan Betina

Ikan Mas Koki jantan mempunyai tubuh yang lebih ramping dibanding yang betina, Ikan Mas Koki betina cenderung memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat. Selain itu, sirip depan Ikan Mas Koki jantan memiliki bercak putih, sedangkan pada Ikan Mas Koki betina tidak punya. Bentuk dubur Ikan Mas Koki jantan berbentuk oval dan rata, sedangkan Ikan Mas Koki betina lebih bulat dan menonjol.

Jika anda mengurut perut Ikan Mas Koki jantan, maka Anda akan melihat cairan sperma warna putih keluar dari alat ekskresinya, sedangkan Ikan Mas Koki betina Anda akan menemukan cairan berwarna kuning. Hal tersebut menunjukkan bahwa indukan telah siap untuk berkembangbiak.

4.Mengawinkan indukan ikan

Dalam budidaya ikan mas koki, cara untuk mengawinkannya adalah dengan menaruh indukan Ikan Mas Koki dalam akuarium yang sebelumnya sudah diberi tanaman eceng gondok. Tanaman inilah yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan saat Ikan Mas Koki kawin dan juga sebagai tempat menaruh telur yang telah dibuahi.

5.Perawatan Anakan Ikan Mas Koki

Telur ikan yang telah dibuahi akan menetas menjadi larva ikan dalam jangka waktu 2 – 4 hari. Apabila ada telur yang tidak menetas, sebaiknya mengambil telur tersebut agar tidak membusuk dan mengurangi kualitas airnya. Karena jumlah populasi ikan di akuarium akan meningkat, maka Anda sebaiknya gunakan aerator agar jumlah oksigen terlarut dapat mencukupi seluruh populasi ikan yang ada di akuarium.

Larva ikan yang telah menetas mempunyai buntalan kuning mirip kuning telur di sekitar perutnya. Ini adalah asupan makanan yang mereka butuhkan untuk memenuhi nutrisi mereka selama kurang lebih 4 hari setelah buntalan ini habis, setelah itu, Anda perlu memberikan pakan berupa kuning telur rebus. Beri makan secukupnya dan selalu kontrol kondisi air dalam budidaya ikan mas koki agar tidak ada bibit ikan murah yang mati.