Valuta Asing dengan System Pegged Exchange Rate

Sistem valuta asing ini bisa diartikan sebagai sistem yang fixed. Kurs mata uang ditentukan dan diatur oleh pemerintah. Kurs akan ditetapkan sesuai kurs mata uang dollar dan kurs ini tidak akan berfluktuasi dari hari ke hari. kurs dollar

Pemerintah harus berusaha untuk membuat valuta asing ini stabil. Bank nasional milik negara harus memiliki persediaan mata uang asing yang banyak untuk menekan perubahan pada permintaan dan persediaan pasar. Jika permintaan tiba-tiba menaikkan valuta asing dan pertukaran uang, maka bank nasional harus melepaskan sejumlah dana untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut. Bank nasional juga bisa membeli valuta asing jika permintaan pasar menurun.

Negara yang kurang matang dan tidak stabil berpotensi memiliki keadaan ekonomi yang juga tidak stabil, untuk itu negara seperti ini ada baiknya menggunakan sistem pegged exchange rate untuk kelancaran perdagangan valuta asing. Ketika orang menyadari bahwa kurs valuta asing mereka tidak sesuai dengan indikasi yang tertera di sistem pegged exchange rate, mereka bisa saja buru-buru menukarkan uangnya ke dalam bentuk mata uang lain yang lebih stabil.

Hal seperti ini akan menyebabkan bencana ekonomi yang besar, karena arus mata uang yang membanjir di pasaran mendorong valuta asing menjadi sangat rendah. Jadi, jika sebuah negara tidak mengatur sistem pegged exchange rateini dengan baik, maka nilai mata uang mereka tidak akan punya harga di dalam perdagangan valuta asing.

Kenyataannya, setiap negara menggunakan salah satu dari dua system valuta asing ini sebesar 100 persen, jadi tidak ada penggabungan dua sistem. Negara yang menggunakan sistem valuta asing pegged exchange rate bisa menghindari kepanikan pasar dan bencana inflasi dengan menggunakan floating peg. Mereka memancang harga ke dolar amerika dan harga itu tidak berfluktuasi setiap hari.

Itulah sedikit penjelasan mengenai valuta asing. Lain kali jika ingin bepergian ke negara asing dan menukarkan uang dengan mata uang mereka, ingatlah bahwa kekuatan ekonomi di seluruh dunia membantu menetapkan harga kurs itu. Bahkan, ketika menukarkan mata uang kita, kita menjadi salah satu dari kekuatan ekonomi itu sendiri, kita membantu menetapkan nilai valuta asing juga.

Meskipun kedua sistem itu bekerja dengan baik selama ini tetapi masih belum bisa dibilang solusi terbaik untuk masalah yang timbul dalam sistem valuta asing di banyak negara.

Valuta asing menjadi satu hal yang penting bagi mereka yang sering bepergian ke luar negeri. Setiap kali mereka menukarkan uangnya dengan mata uang asing maka secara tidak langsung mereka ikut menyumbangkan dana untuk kelancaran sistem valuta asing yang ada di negara kita.

Memang sedikit memusingkan jika ingin memahami tentang valuta asing ini tetapi dari sedikit penjelasan di atas setidaknya kita punya satu gambaran yang bisa dipahami. Semoga bisa sedikit memberi pencerahan bagi pembaca. Karena bagaimanapun juga istilah ini diperlukan ketika berbicara tentang transaksi antarnegara.

Istilah valuta asing ini berlaku dan menjadi pembicaraan bagi mereka yang memang berbisnis antarnegara. Atau, bagi mereka yang hanya sekadar hobi berjalan-jalan menghabiskan uang untuk mendapatkan pengalaman baru di negara lain.